Cara Membuat Bolu Karamel Sarang Semut Panggang Tanpa Mixer

Cara Membuat Bolu Karamel Sarang Semut Panggang Tanpa Mixer



Bolu Karamel atau bolu sarang semut atau ada juga yang menyebut dengan cake karamel sudah sangat ngetop dalam dunia perkulineran. Cake karamel, cake dan karamel berpadu menjadi satu. Hmmm.. so Yum Yum Yummy.. membayangkannya saja sudah terasa kelembutannya, kekenyalannya dan warnanya yang coklat mengkilap serta teksturnya yang seperti sarang semut membuat para pecandu cake ini sangat tergoda untuk menikmatinya. Namun bagi anda yang belum terbayang seperti apa kelezatan cake ini mungkin anda sesekali bisa mencicipinya bersama keluarga.

Resep kue ini sebenarnya sangat mudah untuk dibuat, hanya saja untuk beberapa tahapan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Membuatnya pun bila dilakukan tanpa Mixer sehingga mepermudah kita umtuk mencobanya. Waktu pertama kali saya membuat cake karamel ini, saya memiliki pengalaman yang cukup lucu untuk ditertawakan namun pada saat saya mengalaminya waktu itu bisa dikatakan agak ngenes.

Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Tanpa Mixer

Saya mendapat resep cake caramel sewaktu masih duduk dibangku SMU. Saya diberi resep oleh teman sebangku saya. Katanya resep cake caramel yang dia berikan ini sudah pernah dipraktikkan oleh mamanya. Namun, waktu kita berbagi resep cake caramel ini tidak ada hitam di atas putih alias tanpa catatan dan teman saya pun belum pernah mencoba resep tersebut maka pada waktu saya tes uji resep ini di rumah, ada yang saya lupa. Tempat tinggal saya dan teman saya ini cukup jauh jaraknya dan pada waktu itu telephon genggam dan smartphone belum semarak seperti sekarang sehingga saya kesulitan untuk berkomuknikasi dari jarak yang jauh. Sebenarnya saya bisa saja menunggu besok bertemu lagi di sekolah, tapi karena saya sudah penasaran tak tertahankan, jadi saya tetap nekad mencoba resep cake Karamelnya.

Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Tanpa Mixer


Pengalaman saya ini mungkin akan berguna bagi anda yang baru pertama kali mencoba cake caramel ini, agar anda tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti yang saya lakukan. Waktu itu pada saat saya mnyangrai gula sampai gula mencair, langsung saya tuang dengan air dingin pada gula yang telah mencair dan berwarna kecoklatan sehingga cairan gula itu mengeras seperti batu dan menempel kuat pada wadah. Dan untuk membersihkan wadahnya pun saya harus merendam sangat lama. Padahal yang benar adalah ketika menyangrai gula dan gula sudah mencair lalu di tuang air panas sehingga cairan gula menyatu dengan air.

Baiklah berikut ini resep cara membuat cake karamel Saramg Semut yang nyarang banget...

Bahan:
  • 250 gram gula pasir
  • 250 ml air panas 
  • 4 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung maizena
  • 100 gram mentega, cairkan
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sachet susu kental manis

Cara Membuat:
  • Masukkan gula pasir ke dalam wadah lalu panaskan dengsn spi kecil. Biarkan sampai gula meleleh tanpa diaduk. Setelah gula pasir meleleh tuang air panas ke dalam lelehan gula, aduk-aduk sampai gula dan air tercampur rata. Sisihkan dan dbiarkan menjadi dingin.
  • Masukkan telur ke dalam wadah lalu kocok lepas dan tambahkan tepung terigu dan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
  • Tambahkan baking powder, soda kue, dan garam lalu tuang air gula karamel ke dalam adonan.
  • Masukkan mentega cair dan susu kental manis aduk sampai rata.

Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Tanpa Mixer
  • Setelah semua bahan tercampur rata dalam adonan, ambil loyang kemudian olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang.

Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Tanpa Mixer
  • Panggang adonan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan api sedang kurang lebih 40 menit atau tergantung jenis oven anda.

Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Tanpa Mixer
  • Bolu karamel sarang semut yang yummy siap dihidangkan...

Demikianlah Resep cara membuat Cake Karamel bolu sarang semut. Semoga bermanfaat..